Pertamina Balongan Gagas Program Bank Sampah

Pertamina Balongan Gagas Program Bank Sampah

Rabu,  19 November 2014  −  00:23 WIB

Pertamina Balongan Gagas Program Bank Sampah

Sekda Indramayu Ahmad Bahtiar melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bank Sampah di Desa Sukareja. (tomi indra/sindonews.com)

INDRAMAYU – Permasalahan pengelolaan sampah merupakan salah satu problem besar yang dihadapai oleh Negara kita. Tercatat hingga 2014 ini, jumlah volume sampah di Indonesia diprediksi mencapai 130.000 ton/hari.

Hampir 15% di antaranya merupakan sampah plastik yang jika tidak diolah dengan sistem pembuangan yang baik akan mengendap di dalam bumi hingga ratusan tahun.

Menyikapi hal tersebut, Pertamina Refinery Unit (RU VI) Balongan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu menggagas program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sampah.

Program ini dimulai dengan prosesi peletakan batu pertama Gedung Bank Sampah Desa Sukareja di Balai Desa Sukareja, Kecamatan Balongan, Selasa (18/11/2014).

Program Bank Sampah ini dimaksudkan untuk memberikan nilai tambah bagi sampah-sampah domestik yang dihasilkan rumah tangga sehingga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat desa.

Sampah yang selama ini dibuang begitu saja,dapat menjadi alternatif baru bagi masyarakat dalam mengisi waktu luang sekaligus menjadi pundi-pundi rupiah, apabila dijalani dengan serius.

General Affairs Manager RU VI Balongan, Hendra T.P. Nasution mengatakan  prinsip dasar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah harus diawali oleh perubahan cara kita memandang dan memperlakukan sampah.

“Sudah saatnya kita memandang sampah punya nilai guna dan manfaat sehingga tidak layak dibuang percuma,” tambah Hendra.

Sementara itu, sekretaris daerah kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar menambahkan, semua program lingkungan harus terus dilakukan. Apalagi Desa Sukareja merupakan desa yang berada di ring I kilang Balongan.

“Pemanfaatan potensi lokal juga harus dilakukan agar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar,” kata dia.

(lis)

 

sumber : http://daerah.sindonews.com/read/925959/21/pertamina-balongan-gagas-program-bank-sampah-1416311143

Iklan

One thought on “Pertamina Balongan Gagas Program Bank Sampah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s