Kulonprogo : Volume Sampah Meningkat Selama Lebaran

Kulonprogo : Volume Sampah Meningkat Selama Lebaran


Danar Widiyanto

Ilustrasi (Foto: Dok)

KULONPROGO (KRjogja.com) – Volume sampah meningkat selama bulan Ramadan dan H+3 Lebaran. Meski libur Lebaran, petugas kebersihan tetap melakukan piket jaga sehingga untuk depo sampah berhasil teratasi. Sedangkan sampah di rumah tangga saat Lebaran baru terangkut oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) Senin (20/7/2015).

“Terjadi peningkatan baru sekitar 15 % dari hari-hari biasa. Lonjakan akan terjadi lagi biasanya setelah para pemudik pulang ke perantauannya masing-masing,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo Toni SIP, Senin (20/7/2015).

Toni mengungkapkan, hari-hari biasa sampah di depo yang letaknya di selatan perlintasan kereta api sebelah barat ada 2 hingga 3 kontainer, dan selama Ramdan dan Lebaran H+2 mencapai 4 kontainer. Namun semua bisa teratasi, karena petugas kebersihan selama libur Lebaran tetap diterjunkan. Sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di tempat-tempat umum, sedangkan yang sampah rumah tangga tergantung KSM masing-masing.

“Hanya kendalanya masyrakat tidak tertib dalam membuang sampahnya di depo, karena kadang membuangnya di luar kontainer sehingga berceceran. Seharusnya masyarakat membuangnya di depo agar kebersihan sekitar depo terjaga,” ujarnya sembari menambahkan untuk persampahan pihaknya mengerahkan 4 truk dan 2 kontainer.

Sampah-sampah tersebut, selanjutnya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Banyuroto Nanggulan. “Disana sampah langsung diolah menjadi pupuk dan untuk gas,” imbuh Toni. (Wid)

sumber : http://krjogja.com/read/268122/volume-sampah-meningkat-selama-lebaran.kr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s