Mulai 2016, Truk Sampah DKI Tak Angkut Sampah Hotel

Mulai 2016, Truk Sampah DKI Tak Angkut Sampah Hotel

Dua unit truk sampah yang diberikan PT Gaya Makmur kepada Pemerintah Provinsi DKI, saat berada di Balaikota Jakarta, Selasa (20/5/2014)

Jakarta, eTrashNews (5/10/2015) – Mulai tahun depan, seluruh pengelola kawasan komersial di Jakarta diwajibkan untuk dapat mengelola sendiri sampahnya. Dengan demikian, Dinas Kebersihan DKI Jakarta tidak lagi bertanggung jawab dalam pengangkutan sampah di tempat-tempat, seperti hotel, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Wakil Kepala Dinas Kebersihan Ali Maulana Hakim mengatakan, bila nantinya pengelola kawasan komersial tidak bisa mengelola sampahnya sendiri, maka mereka diharuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan jasa pengelolaan sampah.

“Nanti akan kita buatkan daftar perusahaan pengangkutan sampah dengan spesifikasi khusus,” kata Ali di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/9/2015).

Ali mengatakan, bila nantinya pengelola kawasan komersial sudah dapat mengangkut sendiri sampahnya, namun pembuangannya masih dilakukan di TPST Bantar Gebang, maka mereka diwajibkan membayar retribusi ke Dinas Kebersihan.

“Silakan saja mereka melakukan kerja sama. Tapi kalau perusahaan itu masih buang sampah ke Bantar Gebang, berarti kita minta retribusi,” ujar dia.

Menurut Ali, kewajiban pengelola kawasan komersial untuk dapat mengelola sendiri sampahnya nantinya akan diatur dalam revisi Perda Nomor 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam peraturan tersebut nantinya akan diatur mengenai dua zona kawasan pengelolaan sampah di Jakarta, masing-masing di kawasan permukiman penduduk dan kawasan komersil.

Ali menyebut, nantinya, Dinas Kebersihan hanya akan fokus dalam tugas pengelolaan sampah di kawasan permukiman. “Kita cuma fokus di permukiman. Jadi, nanti kita tidak perlu lagi nyewa truk sampah,” ucap Ali.
Penulis : Alsadad Rudi

sumber : http://asrul.org/mulai-2016-truk-sampah-dki-tak-angkut-sampah-hotel/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s